Makalah Istighosah

Pembahasan

A.   Pengertian

Kata istigatsah berasal dari kata al-ghouts yang memiliki arti pertolongan. Kemudian al-ghouts itu sendiri dirubah kepada wazan istif’ala maka menjadi isthigatsa. Dengan demikian, kata isthighatsah memiliki makna tholabul fi’li yang berarti “meminta pertolongan”. Dan inilah pengertian isthighatsah secara bahasa.

Secara istilah, isthighatsah yaitu beberapa bacaan yang dihimpun dari Al-qur’an, Sunnah Rasul maupun Auliya Allah untuk meminta pertolongan-Nya. Dengan demikian, isthighatsah juga berarti memohon pertolongan dari Allah  untuk terwujudnya sebuah “keajaiban”.

 

B.    Perbedaan isthigatsah dan isthi’anah

 Isthigatsah dan isthi’anah adalah kata yang memiliki arti yang sama, pertolongan. Namun yang membedakan disini yaitu, isthighatsah yaitu meminta pertolongan ketika keadaan sangat sulit dan sukar, sedangkan isthi’anah meminta pertolongan dengan arti yang lebih luas dan umum.

 

C.    Hukum isthigatsah

Isthigatsah merupakan amaliyah mustahab atau dianjurkan. Sebagaimana riwayat Rosul pada saat beliau berada di tengah berkecamukanya perang badar dimana kekuatan musuh tiga kali lipat lebih besar dari pasukan islam. Kemudian Rosul memohon bantuan dari Allah SWT, kemudian Allah mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan pasukan tambahan berupa seribu pasukan malaikat. Riwayat ini, tercantum dari surat Al-Anfal : 9, yang berbunyi :

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ 

(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu.” (QS Al-Anfal:9)

 

D.   Bacaan isthigatsah

Di antara do’a isthigatsah yang sering dibaca oleh Rosulullah SAW yaitu :

عن انس بن مالك , قال : النبيّ صلي الله عليه وسلم إذا كربه أمر قال : يا حي يا قيوم برحمتك استغيث.( رواه الترمذي والبزا)                                                                                                 

“diriwayatkan dari Anas bin Malik, Ia berkata: “jika menemukan kesulitan , Rasulullah berdo’a : “wahai Allah Yang Maha Hidup, Wahai Allah Yang Maha Mengurus Segala Sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Bazzar).

Selain do’a tersebut, bacaan yang ada dalam isthigatsah adalah al-Asma’ al-Husna, istighfar, sholawat dan lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Inspiratif: Ibu Enam Anak yang Berprestasi

Tidak ada kaitannya marah dengan baik (cerita Nabi dengan istrinya, Shofia)

berbincang Asyik tentang kebinekaan bersama kemendikbud