Konsep Allah dan Malaikat


Dulu saat masih kecil pernah bertanya-tanya, mengapa Allah Yang terkenal dengan Maha Agung dan Penuh kekuasaan-Nya kok masih membutuhkan ajudan atau malaikat. Pertanyaan tersebut terjawab saat pengajian kitab Khulashoh al-'aqoid fi al-Islma karya Syekh Muhammad Zaki Ibrohim bersama Gus Mauhib.

Gus Mauhib menyampaikan bahwa Allah memiliki malaikat bukan karena ketidakmampuan Allah mengurus alam semesta, justru dengan Dzat Allah sendiri pun bisa. Akan tetapi, dengan adanya malaikat, justru hal tersebut membuat Allah semakin kredibel atas keagungan-Nya. dan Malaikat pun memiliki keberkahan berupa derajat yang baik sebagai ajudannya Allah.

penejelasan tersebut dianalogikan seperti seorang kiai dan supirnya. Seorang kiai disupiri oleh seorang supir bukan berarti seorang kiai tidak mampu mengemudi kendaraannya sendiri, namun dengan adanya supir, seorang Kiai tersebut memiliki kewibawaan tersendiri. Dan seorang supir kiai pun memiliki keberkahan tersendiri karena menyupiri seorang kiai. Buktinya ketika yang diundang Kiainya, maka supirnya pun memperoleh perlakuan khusus dan dihormati oleh masyarakat setempat. bingkisannya pun tidak hanya untuk seorang Kiai, namun supirnya pun memperoleh.

wallahu 'alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Inspiratif: Ibu Enam Anak yang Berprestasi

Tidak ada kaitannya marah dengan baik (cerita Nabi dengan istrinya, Shofia)

berbincang Asyik tentang kebinekaan bersama kemendikbud